Welcome to the blog that "full feeling" . given that they need from what we have, and begin to share for the welfare of others

..blog to share of sense

Selasa, 06 Desember 2011

Trik Lain Menahan Visitor Lebih Lama Menikmati Blog Kita



Memasang Widget "Kotak Pencarian Artikel" pada Blog

Kita sepakat bahwa upaya kita membangun sebuah blog adalah hanya untuk satu niat, yaitu untuk membantu orang lain (terutama yang membutuhkan).  Tak ubahnya seperti koran atau tabloid atau majalah yang memiliki banyak pembaca, kita tentu merasa senang apabila web atau blog kita banyak dikunjungi, dibaca dan dimanfaatkan  orang. Artinya apa yang kita ungkapkan tentang apa yang kita tahu dan kita pikirkan prosentase ‘sampainya’ kepada orang lain cukup besar. Dengan demikian (entah mereka (visitor) yang membaca artikel atau apapun yang ada di blog kita itu mereka manfaatkan  atau tidak) kita telah berusaha memberikan sedikit bantuan dari apa yang kita miliki kepada mereka.


Seperti yang kita tahu, konsep dan cara melakukan ‘niat’ kita membantu orang lain ini dapat dilakukan dengan sejuta cara, dan di dalam salah satu dari sejuta cara itu ada lagi banyak konsep dan cara.
Blog yang kita buat, telah kita atur dan kita tata sedemikian rupa dengan maksud agar para visitor dapat bersahabat dengan blog kita. Mulai dari template, layout, pengelompokan artikel dan managemen menu  dan sebagainya. Sampai-sampai sebagian besar master blogger menilai blog kita sudah sempurna…misalnya. Namun demikian, beberapa visitor masih juga mengalami kesulitan menikmati blog kita (biasanya visitor pemula). Ini disebabkan mungkin karena jumlah posting atau artikel kita yang sudah sangat banyak, sehingga tidak mungkin tertampil semua di halaman blog, sehingga mereka tidak menemukan artikel yang mereka cari. Padahal sebenarnya artikel itu ada di blog kita. Repot kan…??

Nah, barangkali kita memang perlu untuk menambah fasilitas di dalam blog demi memberi kemudahan bagi visitor. Mungkin kita perlu memasang peralatan yang memudahkan mereka untuk mencari (secara pasti atau spekulasi) artikel-artikel apa saya yang ada di blog kita. Ya, benar.., memasang Kotak Pencarian Artikel. Dengan memasang kotak pencarian artikel ini visitor bisa mencari-cari (secara pasti atau spekulasi) artikel yang mereka butuhkan melalui blog kita. Di sisi lain, ini juga merupakan suatu keuntungan bagi kita selaku pengelola blog.

Bagaimana? Apakah Anda merasa perlu untuk memasang kendaraan ini di blog Anda? Bila ya, ikuti langkah super mudah berikut :
1.      Login dan masuk ke dasbor blog Anda
2.      Masuk ke menu Layout
3.      Pastikan dimana Kotak Pencarian itu nantinya akan Anda tempatkan. Anda bebas menentukan. Bila sudah, klik Add a Gadget pada widget sesuai lokasi yang Anda inginkan tadi.
4.      Sekarang kutip kode seperti di bawah ini pada halaman widget yang muncul.


<form id="searchform" action="http://andumrasa.blogspot.com/search" name="searchform" method="get"><input id="s" value="Cari artikel, tulis disini " name="q" type="text"> <input id="searchsubmit" value="Telusuri" type="submit"> </form>


5.      Sebelum Anda Save, edit dulu kode itu. Ganti alamat url (berwarna kuning) dengan alamat Blog Anda dan tulisan berwarna hijau bias Anda ganti sesuka Anda.
6.      Terakhir, simpan / Save. Lalu coba Anda lihat, bila belum masih ingin Anda rubah, rubahlah untuk teks yang tadi berwarna hijau saja.








Selamat mencoba..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar