Welcome to the blog that "full feeling" . given that they need from what we have, and begin to share for the welfare of others

..blog to share of sense

Minggu, 18 Desember 2011

Cara Mudah Membuat Tabel untuk Posting Blog


Solusi cepat dan tepat membuat table untuk posting menggunakan aplikasi lain

Sebagai pengelola blog, tentu ingin dapat menyajikan hasil posting (secara visual) yang enak dinikmati. Disamping itu, bagi pengelola sendiri tentunya ingin membuat konsep posting secara mudah dan cepat demi efisiensi segalanya. Bagi para blogger yang sudah mahir tidak masalah tentunya, karena mereka sangat memahami bahasa pemrograman untuk mengelola blog mereka. Misalnya untuk membuat postingan yang berisi table. Ia harus mengetahui bagaimana perintah-perintah (dalam bentuk sandi atau tag/kode html) agar menghasilkan sebuah table dalam postingnya. Ia harus membuat kode-kode untuk menghasilkan table, seperti tag <td>, <tr>, <table> dan sebagainya.

Sebagai contoh, contoh kode html untuk tabel dengan 2 kolom dan 1 baris dengan tebal border 1 pixel.
<table border=”1″>
<tr>
<td></td> <td></td>
</tr>
</table>
Untuk membuat baris baru, kita tinggal menuliskan kode <tr></tr>. Kalau sudah, di dalam baris tersebut kita isi tabel data yang kodenya <td></td>, maka akan jadi satu kolom, untuk menambah kolom kedua tinggal ditulis kode <td></td> lagi masih di dalam kode <tr></tr> tadi

Bayangkan. Itu baru sebuah table yang ‘sangat sederhana’, table 2 kolom 1 baris, dan garis tepi table tebal 1 pixel tunggal. Kita sudah pusing dengan kode-kode yang harus kita buat yang tidak boleh ada kesalahan dalam penulisan. Kita masih berpikir lagi, dimana kita letakkan calon isi table diantara kode-kode itu. Kalau kita salah melatakkan calon isi itu, tentu akan menghasilkan table yang berantakan.
Bayangkan bagaimana Anda harus berpikir membuat kode dalam konsep posting Anda apabila Anda ingin memposting table seperti ini…..

No.
Jenis Pendapatan
Jumlah Pendapatan (dalam juta rupiah)
Jumlah Total
2007
2008
2009
2010
2011
1
SiLPA
8,00
0
0
0
0
8,000,000
2
PADes







1. Badan Usaha
0
40,00
0
0
0
 40,000,000

2. Hasil Kekayaan Desa
0
0
0
0
0


   a. Tanah Kas Desa
40,00
0
0
0
0
40,000,000

   b. Kios Desa
37,50
0
0
0
0
37,500,000

3. Pungutan Desa
10,45
0
0
0
0
10,450,000

4. Lain-lain Pendapatan
0
0
0
0
0
0

Ribet kan..??
Memang salah satu syarat pengelola blog setidaknya mengetahui (meski cuma sekilas) tentang bahasa pemrograman web, walaupun sebenarnya ini bukan syarat mutlak. Lantas, apakah bagi kita yang sama sekali tidak memiliki secuil-pun pengetahuan mengenai hal itu tidak bias mengelola blog?? Tentu tidak demikian.
Nah, bagi Anda (termasuk saya) yang hampir buta mengenai kode html seperti itu, masih ada cara lain untuk mensiasati keinginan kita itu. Kita dapat memanfaatkan aplikasi lain, yang bahkan dapat kita buat konsep posting tanpa mengandalkan jaringan internet. Jadi lebih efisien.
Baik..! Bahasan kita mengenai table. Bagi Anda yang kesulitan mengenai kode html, mari kita coba membuat table tanpa menggunakan kode-kode itu, tetapi nantinya dalam posting kita akan muncul dengan sendirinya kode-kode yang kita buat melalui aplikasi lain. Pengin tahu?? Mari kita coba. Kita akan mencoba membuat table dengan memanfaatkan aplikasi MS-Word dan MS-Excel.

1.      Membuat table menggunakan MS-Word.
Saya contohkan kita akan membuat konsep posting yang menghasilkan seperti ini :
a.      Pada paragraph pertama dan kedua berisi sebuah deskripsi
b.      Di bawah paragraph tersebut berisi sebuah table yang kolomnya seperti contoh diatas
c.      Di bawah table tersebut berisi deskripsi lagi

Cara membuat hingga mem-posting konsep tersebut adalah :
  1. Buka MS-Word, sembarang versi.
  2. Buat konsep tersebut kedalam lembar MS-Word sampai siap saji. Atur semua paragraph dengan baik, atur table dengan sesuai, termasuk penyesuaian warna (terutama garis border table) harus mempertimbangkan apa warna latar belakang blog Anda, buat warna yang kontras.
  3. Bila sudah, simpan konsep Anda di MS-Word, hal ini untuk menjaga jangan sampai rusak sebelum kita posting.
  4. Selanjutnya, lakukan copy terhadap naskah Anda di MS-Word ini.
  5. Login ke dasbor blog Anda, buat posting baru. 
  6. Pada posisi Compose, bukan pada posisi HTML, paste-kan konsep yang tadi Anda copy dari MS-Word ke dalam lembar posting baru ini.
  7. Coba periksa, mungkin Anda masih perlu mengatur ulang dan merapikan konsep Anda disini.
  8. Sekarang periksa pada posisi HTML. Terlihat kode-kode yang kalau kita (yang buta kode itu) harus membuat posting dengan menulis kode-kode itu mungkin 2 hari baru selesai posting kita...
  9. Coba Anda Preview, dan lihat hasilnya. Sudah sesuai?
  10. Akhirnya, klik Publish. Posting unik Anda sudah jadi dan siap dibaca jutaan orang..

2.      Membuat table menggunakan MS-Excel
Untuk membuat konsep posting table dengan MS-Excel, caranya sama seperti cara di atas. Yang perlu kita putuskan apakah membuat konsep posting dengan MS-Word atau MS-Excel adalah dari isi table yang akan kita tampilkan. Nah, kalau kita akan membuat table yang nanti berisi angka yang harus dijumlahkan ke bawah atau ke samping, maka lebih mudah menggunakan MS-Excel. Itu saja.

Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar