Welcome to the blog that "full feeling" . given that they need from what we have, and begin to share for the welfare of others

..blog to share of sense

Jumat, 18 November 2011

Langkah Awal Membuat Blog

(Tutorial Blog untuk pemula)


Anda sering menggunakan internet? Sering pergi ke warnet? Atau bahkan punya jaringan internet sendiri di rumah? Tapi Anda belum punya blog sendiri…?? Sayang sekali kalau itu terjadi pada Anda.
Padahal bikin Blog itu mudah, bahkan Anda bisa memilih yang tidak bayar alias gratis…!! Dengan memiliki Blog, Anda bisa mencurahkan kepedulian kita pada sesama, Anda bisa mengungkapkan apa saja yang Anda ketaui dan Anda bisa. Anda bisa membagikan informasi kepada siapa saja (yang rajin mencari informasi melalui internet). Bahkan sebaliknya, Anda bisa mendapatkan informasi tentang apa yang Anda butuhkan serta mendapat keuntungan (boleh Anda terjemahkan Anda bisa memperoleh uang) dari Blog yang Anda miliki.

Baik, sebelum kita memulai membuat Blog, kita pahami lebih dulu (walau cuma sekilas) tentang apa itu Blog.

Blog, secara fisik dapat dibayangkan seperti Koran atau tabloid atau majalah dan sebangsanya karena di dalam Blog ada artikel, ada foto, ada iklan dan sebagainya. Itu benar..! Tapi ada orang yang membayangkan Blog seperti radio atau televisi, karena dengan membuka sebuah Blog kita dapat mendengarkan suara atau melihat gambar hidup. Itu juga benar…! Tapi ada pula yang mengatakan bahwa Blog ibarat sebuah Toserba atau Pasar. Di sana kita bisa sepuasnya melihat-lihat, atau mendapatkan sesuatu yang gratis yang dipromosikan oleh pihak-pihak tertentu, tapi disana juga ada yang harus kita dapatkan dengan membayar. Itupun benar…!! Nah, apa yang dibayangkan orang-orang secara fisik mengenai Blog seperti di atas itu semuanya benar.
Intinya, yang namanya Blog adalah sebuah media atau alat untuk memberi dan menerima informasi apa saja yang ‘ingin’ deberikan dan yang ‘ingin’ diterima/dicari.

Setelah kita memahami apa itu Blog, sekarang mari kita mulai untuk belajar membuat Blog. Ada banyak pihak yang memberikan layanan untuk membuat Blog., misalnya Wordpress, Blogspot, dan sebagainya. Dalam tutorial ini kita akan mempelajari bagaimana langkah dan cara-cara membuat Blog dengan memanfaatkan layanan dari Blogspot. Mari kita awali !
Pertama, untuk membuat Blog ada syarat mutlak yang harus dipenuhi, yaitu kita harus memiliki e-mail lebih dulu. Kalau Anda sudah punya e-mail, Anda bisa lewati langkah ini. Kalau belum, kita akan membuat e-mail lebih dulu. Untuk membuat e-mail, juga banyak pihak yang memberikan layanan, misalnya Yahoo, Gmail, dan sebagainya yang masing-masing memiliki kelebihan atau kekurangan. Nah disini kita akan membuat e-mail melalui layanan Google yaitu Gmail (tanpa belum perlu saya sampaikan kelebihan dan kekurangannya).Untuk membuat e-mail Gmail, Anda bisa lakukan dengan klik cara bikin email

Tidak ada komentar:

Posting Komentar