Welcome to the blog that "full feeling" . given that they need from what we have, and begin to share for the welfare of others

..blog to share of sense

Selasa, 08 November 2011

Lomba Takbir Keliling


Satu dari sejuta ajang kreatifitas Muslim muda

Di beberapa tempat kaum muslimin dan muslimat sering menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan syiar Islam. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memupuk rasa kecintaan terhadap Islam, meningkatkan persatuan dan kesatuan serta mempererat persaudaraan antar umat Islam. Salah satu kegiatan yang sejak puluhan tahun lalu hingga saat ini syiarnya tetap terjaga adalah Lomba Takbir Keliling. Dalam kegiatan ini, peserta yang dibidik oleh panitia biasanya kalangan muslim muda, entah mereka dari organisasi masjid, organisasi pemuda atau masyarakat kaum muda non organisasi. Cukup beralasan mengapa sasaran pesertanya adalah kaum muda.
Menyambut kemenangan dan merayakan kegembiraan ala muslim muda di beberapa daerah memang cukup unik tanpa harus meninggalkan norma akidah. Berbagai bentuk kreatifitas yang 100% produk muslim muda muncul dengan menonjolkan ciri khas keislaman. Dengan membentuk sebuah kelompok, mereka membawa atribut dari kelompok masing-masing. Tidak hanya itu, asesories yang mereka gunakanpun cukup pas dengan suasana malam kemenangan itu. Gemerlap lampu yang cukup variatif menambah indahnya suasana malam takbir saat itu. Dalam perjalanan menempuh rute takbir yang ditentukan panitia, kelompok peserta tersebut mengumandangkan takbir dengan diiringi 'tabuhan' (bukan musik) yang sesuai dengan irama takbir. Tabuhan yang digunakan umumnya alat-alat yang musik misalnya bedug, drum dan sebagainya, atau bahkan ada pula yang menggunakan instrumen yang sebenarnya bukan merupakan alat musik, misalnya kaleng bekas, galon air mineral, atau drum plastik yang biasa digunakan untuk tampungan air. Sembari mengumandangkan takbir dengan diiringi tabuhan, kelompok peserta juga melakukan gerakan indah yang cukup serasi dengan ritme tabuhan dan irama takbir yang dikumandangkan.
Satu hal lagi, bahwa kegiatan takbir keliling tersebut biasanya mampu melibatkan semua kalangan umat Islam di wilayah tersebut. Mulai dari anak-anak, remaja yang memang menjadi target panitia, orang tua baik laki-laki maupun perempuan. Mulai dari persiapan, dari konsep pembuatan asesories dan kelengkapan lainnya sampai dengan saat pelaksanaan, mereka nyata sangat kompak.

















1 komentar: