Welcome to the blog that "full feeling" . given that they need from what we have, and begin to share for the welfare of others

..blog to share of sense

Jumat, 18 November 2011

Cara Membuat Blog

(disarankan agar porsting ini Anda cetak dulu, dan gunakan sebagai panduan)

Nah, syarat mutlak untuk membuat Blog sudah Anda miliki, karena Anda baru saja membuat dan telah memiliki email Gmail). Kini kita akan melakukan praktek membuat Blog. Tapi sebelum Anda memiliki Blog dan menggunakan Blog itu untuk berbagai kepentingan Anda, saya berpesan jangan sekali-kali mengisi Blog Anda dengan konten-konten negative, misalnya berbau pornografi, mengusik SARA, kampanye negative, dan hal-hal lain yang dilarang oleh hukum negara kita. Setuju??


Sekarang mari kita mulai untuk membuat Blog. Ikuti langkah berikut ini :

Pada Adress bar, ketik http://www.blogger.com lalu Enter

Muncul halaman utama Blogger.com.
Klik pada tulisan Buat akun Google baru, letaknya di bagian atas sebelah kanan.
Muncul tampilan Formulir pendaftaran Blogger.

Iisilah formulir tersebut dengan data yang benar sesuai permintaan,
  1. isi pada kotak Alamat email dengan nama email Anda yang baru saja Anda buat tadi. Perhatikan dalam Anda menulis harus lengkap dan sama persis dengan nama yang telah Anda buat.
  2. Ketik ulang alamat email. Tulis kembali nama email Anda seperti tadi.
  3. Masukkan sebuah password. Anda harus memasukkan sebuah kata sandi atau password. ”Tata tertib” penulisan password persis seperti ketika Anda membuat Email, minimal 8 karakter, hanya huruf a-z, angka 0-9 dan titik. Saya juga perlu sampaikan, ketika saya membuat Blog, saya memasukkan password yang sama dengan password email saya. Ini saya lakukan karena saya menyadari bahwa saya ini pelupa. Kalau saya pakai nama password lain, saya khawatir suatu ketika saya bingung. Untuk Anda, silahkan tulis password sesuka Anda yang penting mudah Anda ingat sendiri.
  4. Ketik ulan sandi. Seperti langkah 2, tulis kembali password yang baru saja Anda tuliskan di atas tadi.
  5. Nama tampilan. Nama tampilan ini nantinya akan muncul dalam Blog Anda, dan menjadi semacam ciri dari Blog Anda. Misalnya, Blog Kemaslahatan, Kampungku Blog, Koranku, atau apa sesuka Anda. Nah tulis nama tampilan di kotak itu.
  6. Jenis kelamin. Langsung pilih saja yang sesuai dengan Anda.
  7. Tanggal lahir. Masukkan tanggal, bulan dan tahun kelahiran Anda. Dalam menulis tanggal lahir, perhatikan keterangan di sebelah kanannya.
  8. Verifiksdi kata. Tulis ke dalam kotak di bawah tulisan berwarna yang bentuk dan bunyinya nggak karuan itu, tulis sesuai hurufnya.
  9. Terakhir dalam form ini, Penerimaan persyaratan. Klik pada kotak kecil yang berarti Anda menyetujui persyaratan yang diberikan Blogger.
Kalau sudah Anda isi semua, cek kembali pengisian Anda apakah sudah betul atau belum. Kalau Anda sudah yakin, klik tombol LANJUTKAN.


Bila semua dilakukan dengan benar, berikutnya akan muncul sebuah halaman baru. Tulislah judul Blog yang Anda inginkan. Anda bebas memberi nama Blog Anda, misalnya Menjalin Persaudaraan, Kebersamaan Yang Indah, atau boleh Anda beri nama Blog Anda dengan nama tampilan yang tadi Anda berikan.

Lanjutkan dengan mengisi Alamat Blog (URL). Alamat Blog ini nantinya akan selalu anda gunakan untuk aktivitas Blog Anda. Dalam membuat alamat blog (URL), Anda cukup menulis nama yang Anda inginkan. Anda bebas memberi nama. Nantinya alamat Blog Anda menjadi http://www.namayangandabuat.blogspot.com. Jadi misalnya Anda menulis nama blog Anda : kebersamaan, maka alamat Blog Anda adalah : http://www.kebersamaan.blogspot.com.

Bila sudah, klik LANJUTKAN.

Muncul halaman baru lagi. Anda akan dibawa untuk memilih salah satu template yang telah disediakan oleh Blogger. Klik salah satu template yang anda sukai, lalu klik LANJUTKAN.

Lihat pesan dari Blogger berikutnya. Blog Anda sudah jadi!

Klik MULAI BLOGGING.

Anda dibawa ke ruang entri halaman. Untuk mencoba, tulislah Judul Posting pada kotak yang disediakan. Pindahkan pointer ke kotak di bawahnya. Mulailah menulis naskah tentang apa saja, terserah Anda. Tulis sekarang !!

Bila sudah selesai, lihatlah di bawah kotak itu ada tiga pilihan, TERBITKAN ENTRI, maksudnya naskah yang sudah Anda tulis akan segera diterbitkan. SAVED, untuk menyimpan naskah menjadi konsep, dan PRATINJAU untuk melihat hasil penulisan naskah apabila nanti diterbitkan (semacam halaman preview).

Langsung saja, untuk mencoba klik saja PRATINJAU.

Nah, muncul Tab baru halaman PRATINJAU. Itulah hasil naskah Anda kalau nanti diterbitkan. Coba perhatikan Blog Anda yang sudah terisi naskah ini. Lihat sepuasnya sambil Anda pahami isi Blog Anda.

Kalau sudah puas, sekarang tutub Tab ini dan kembali ke Tab / halaman yang tadi.

Klik SAVED NOW / SIMPAN SEBAGAI KONSEP, untuk menyimpan naskah Anda sebagai konsep (belum diterbitkan).

Untuk sementara kita akhiri dulu latihan kita, lain kali akan saya posting lagi kelanjutan dari postingan ini. Perhatikan di sudut kanan atas halaman ini. Klik menu Keluar.

Selanjutnya Anda kembali ke halaman MASUK Blogger (sama seperti ketika Anda mau membuat Blog tadi). Nah, nantinya bila Anda mau masuk ke Blog Anda dan melakukan utak-atik, Anda akan berhadapan halaman ini. (Untuk masuk ke halaman ini, caranya sama dengan tadi, tinggal ketik www.blogger.com. Selanjutnya Anda tinggal menulis email Anda dan paswordnya, dan lakukan keinginan Anda dib log milik Anda sendiri).

Sekian…!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar